WEKA
Burung Weka Halmahera, Bidadari penggoda dari Maluku Utara
August 22, 2018
August 31, 2018
Tampilkan semua

Sosialisasi Peraturan Cukai serta Launching Website Generasi Baru Bea Cukai Ternate

          TERNATE (29/08) – Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan PMK 146 tahun 2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau perlu dilakukan sosialisasi peraturan tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah provinsi Maluku Utara, agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami materi-materi yang terkandung di dalam peraturan menteri keuangan tersebut.

           Sosialisasi yang dilaksanakan di aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate bermaksud untuk mengupayakan peningkatan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat terhadap produk peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

           Selama ini vape atau rokok elektrik beredar bebas tanpa dikenakan cukai. Namun, kondisi tersebut akan berubah karena Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, telah mulai mengenakan cukai pada vape. Semua prosedur akan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan PMK 146 tahun 2017. “Untuk cukai vape atau kita sebut sebagai hasil produk tembakau lainnya (HPTL) dan sudah mulai dikenakan cukai sejak bulan Juli 2018, namun Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan memilih untuk memberikan relaksasi sampai 1 Oktober 2018 bagi kepada pabrik olahan likuid/cairan rokok elektrik (vape/e-sigaret), agar para pengusaha tidak kaget dengan adanya peraturan ini” sebut Yuyu Mulyana selaku Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Rabu (29/08/2018). Merujuk pada aturan tersebut, maka cukai harus dikenakan pada cairan vape yang dikategorikan sebagai HPTL tersebut. Cukai untuk kategori ini sebesar 57 persen dari harga jual eceran. Vape atau rokok elektrik berbeda dengan rokok batangan. Bila pada rokok batangan memakai tembakau yang dirajang, vape justru menggunakan hasil olahan lainnya berupa cairan yang mengandung nikotin.

            Pada kesempatan ini juga digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan website generasi terbaru milik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate kepada masyarakat dan pengguna jasa. Laman website dimaksud adalah www.bcternate.beacukai.go.id

            Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang. “Website generasi baru ini sebagai bukti Bea Cukai Ternate dalam memberikan kemudahan pelayanan serta informasi terbaru terkait peraturan di bidang kepaebanan dan cukai kepada masyarakat dan para pengguna jasa”, tutur Soma Baskoro selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan melalui Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Adrianus Aristarkus Epafras Janis. Keberadaan website sangat penting guna mengoptimalkan pelayanan kepada para pengguna jasa karena mengingat wilayah pengawasan dan pelayanan Kantor Bea Cukai Ternate meliputi seluruh pulau-pulau yang tersebar di seluruh provinsi Maluku Utara serta perairan disekitarnya. Para pengguna jasa kepabeanan dan cukai di wilayah provinsi Maluku Utara tidak hanya berada di Kota Ternate saja, tetapi bahkan sampai ke kabupaten/kota lainnya, sehingga terkadang di saat mereka ingin mendapatkan pelayanan baik di bidang kepabeanan mau pun cukai, mengalami kendala karena jarak antara pulau tempat domisili dengan kantor Bea Cukai Ternate yang begitu jauh, terlebih saat kondisi alam/cuaca yang tidak bersahabat seperti ombak besar. Dengan adanya website, otomatis seluruh masyarakat dan pengguna jasa yang berada di wilayah provinsi Maluku Utara dapat dengan mudah mengakses pelayanan atau informasi sesuai kebutuhan masing-masing, terkait pelayanan dan informasi di bidang kepabeanan dan cukai.