WEKA
Upacara Peringatan Hari Bea dan Cukai Tahun 2016
October 25, 2016
Ini Modus Penyelundupan Benih Lobster yang Digagalkan Duet Maut Susi-Sri
October 26, 2016
Tampilkan semua

Peringkat Kemudahan Bisnis RI Naik, Darmin: Negara Lain Lebih Cepat

2dd857d6-1f93-490f-9375-760e737f390c_169

Jakarta – Kemudahan berusaha atau ease of doing business di Indonesia mengalami perbaikan yang cukup signifikan dalam setahun terakhir. Namun Bank Dunia mencatat Indonesia hanya mampu naik 15 peringkat dari sebelumnya.

Alasannya memang karena negara lain juga melakukan perbaikan yang lebih cepat.

“Karena kita membaik, orang (negara) lain membaiknya lebih cepat lagi,” kata Menko Perekonomian, Darmin Nasution, dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Menurut data Bank Dunia, peringkat kemudahan untuk memulai bisnis di Indonesia pada 2017 berada di level 91. Naik 15 poin dari sebelumnya 106 di 2016.

Darmin menuturkan bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 negara dengan perbaikan terbesar.

“Ada sejumlah negara yang mereka sebut sebagai top reformer, yang melakukan reform atau perbaikan yang paling tinggi. Itu mereka me-list ada 10 negara. Kita termasuk di antara yang paling tinggi diantara top reformer tersebut,” terang Darmin.

Perbaikan yang dilakukan terjadi pada 7 indikator utama dari total 10 indikator. Sebanyak 3 indikator lainnya mengalami penurunan, yaitu permohonan izin konstruksi, perlindungan investor minoritas dan penyelesaian kepailitan.

“Indonesia berhasil melakukan perbaikan dari 7 dari total 10 indikator yang ada. Walaupun kenaikannya masing-masing-masing beda. Bahkan ada yang sedikit turun,” pungkasnya.

Darmin menekankan, perbaikan tersebut membuktikan bahwa komitmen Pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif.

“Kemajuan yang dicapai saat ini merupakan cerminan komitmen pemerintah Indonesia untuk menciptakan iklim usaha lebih kompetitif dengan mempermudah memulai dan menjalankan usaha,” tandasnya. (mkl/hns)

No announcement available or all announcement expired.