WEKA

PERSYARATAN:

  1. Pemberitahuan Pemeriksaan Barang (PPB)
  2. PEB yang telah mendapatkan nomor dan tanggal pendaftaran dan telah ditandatangani serta dibubuhi cap perusahaan.
  3. PP-PEB yang telah ditandatangani serta dibubuhi cap perusahaan, dalam hal dilakukan pembetulan PEB.
  4. Pemberitahuan Kesiapan barang (PKB) yang akan dilakukan pemeriksaan fisik di tempat yang telah ditentukan.
  5. Fotokopi invoice dan fotokopi packing list.

PROSEDUR

  1. Eksportir atau kuasanya menyerahkan kepada petugas loket Kantor Pabean Pemuatan, dokumen:
  2. Petugas loket menyerahkan dokumen Kepala Seksi Pabean dan Cukai atau Pejabat Pemeriksa Dokumen.
  3. Kepala Seksi Pabean dan Cukai atau pejabat pemeriksa dokumen menerima, meneliti dan mencantumkan nama Pelaksana/Pejabat Pemeriksa Barang dan memberikan catatan dalam hal diperlukan dalam PPB serta menyerahkan dokumen kepada Pejabat Pemeriksa Barang
  4. Pelaksana/Pejabat Pemeriksa Barang melakukan pemeriksaan fisik, dalam hal diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan keakuratan identifikasi barang ekspor dapat dilakukan uji laboratorium
  5. Pelaksana/Pemeriksa Fisik Barang Ekspor melakukan perekaman hasil pemeriksaan fisik pada Sistem Komputer Pelayanan.
  6. Dalam hal lokasi pemeriksaan fisik barang ekspor berada di luar kawasan pabean dalam wilayah pengawasan kantor pabean pemuatan, Barang Ekspor yang telah diperiksa fisik dilakukan stuffing dibawah pengawasan Petugas Pengawasan Stuffing dan dilakukan penyegelan pada peti kemas atau kemasan barang oleh Petugas Pengawasan Stuffing.
  7. Dalam hal pemeriksaan fisik barang ekspor berada di kawasan pabean dalam wilayah pengawasan kantor pabean pemuatan tidak dilakukan stuffing.
  8. Dalam hal hasil pemeriksaan fisik dan/atau uji laboratorium Menunjukkan jumlah dan/atau jenis barang sesuai:
    • Pelaksana/Pejabat Pemeriksa Fisik Barang Ekspor menerbitkan, menandatangani serta menyerahkan NPE kepada Eksportir apabila tidak diperlukan persyaratan berupa laporan surveyor.
    • Pelaksana/Pejabat Pemeriksa Fisik menyerahkan PEB yang sudah dicantumkan hasil pemeriksaan fisik, PP-PEB pembetulan (apabila dilakukan pembetulan PEB), PPB, PKB, fotokopi invoice dan fotokopi packinglist, dan fotokopi NPE kepada Pejabat Pemeriksa Dokumen
    • Kepala Seksi Pabean dan Cukai/Pejabat pemeriksa dokumen memberikan catatan “sesuai” pada SKP.
    • Dalam hal diperlukan persyaratan laporan surveyor, Kepala Seksi Pabean dan Cukai/Pejabat pemeriksa dokumen memberikan catatan “sesuai” pada SKP dan menerbitkan NPE apabila dokumen yang dipersyaratkan berupa laporan surveyor telah dipenuhi.
  9. Dalam hal hasil pemeriksaan fisik menunjukkan jumlah dan/atau jenis barang tidak sesuai, maka Pelaksana Pemeriksa Barang pada Seksi Pabean dan Cukai menyerahkan PEB yang di dalamnya sudah dicantumkan hasil pemeriksaan fisik, PP-PEB (apabila dilakukan pembetulan data PEB), PPB, PKB, fotokopi invoice dan fotokopi packing list kepada Kepala Seksi Pabean dan Cukai atau Pejabat Pemeriksa Dokumen untuk dilanjutkan dengan SOP Penelitian Dokumen.

WAKTU PENYELESAIAN

  1. 60 (enam puluh) menit sejak dokumen diterima lengkap dan benar oleh petugas loket sampai dengan dokumen diterima oleh Pelaksana Pemeriksa Barang.
  2. Pemeriksaan barang tergantung jumlah dan jenis barang yang diperiksa.
  3. 60 (enam puluh) menit untuk pembuatan hasil pemeriksaan sampai dengan penyerahan PEB yang sudah dicantumkan hasil pemeriksaan fisik, PP-PEB (apabila dilakukan pembetulan PEB), PPB, PKB, fotokopi invoice dan fotokopi packing list, dan fotokopi NPE kepada Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai.

BIAYA/TARIF

Tidak ada biaya

PRODUK PELAYANAN

  1. PEB yang telah dicantumkan hasil pemeriksaan fisik
  2. Nota Pelayana Ekspor (NPE)

PENGADUAN LAYANAN

Kantor Bea Cukai Ternate Jl. Ahmad Yani No. 2 Kota Ternate, 97714. Saluran Pengaduan 085394947776.

No announcement available or all announcement expired.