WEKA
Investasi Swasta dan Tax Amnesty Jadi Modal Ekonomi RI Tumbuh Tinggi
November 22, 2016
BEA CUKAI ADAKAN SHARING SESSION DENGAN CUSTOMS ADMINISTRATION OF THE NETHERLANDS
November 23, 2016
Tampilkan semua

Kuliner Khas Ternate Ini Pasti Membuat Lidah Anda Ketagihan

Sambil berjalan-jalan menyusuri panorama Kota Ternate dengan berbagai macam hal yang dapat membuat anda merasa nyaman,aman dan santai ada baiknya anda sedikit mengenal tentang Kuliner Khas Kota Ternate. Yang kami jamin akan membuat lidah anda menjadi ketagihan untuk  mencicipi Makanan Khas Orang Ternate, Hmm…Ayo Kita Jelajahi Kulinernya

PAPEDA

papeda

Papeda menjadi urutan pertama yang wajib anda coba bila berkunjung ke Ternate. Makanan yang mirip seperti bubur ini menjadi makanan khas masyarakat maluku sejak dahulu dan menjadi makanan pokok pengganti nasi. Papeda ini sangat cocok bila dihidangkan dengan lauk olahan ikan laut yang memang sangat mudah didapat di maluku. Papeda ini sangat nikmat saat masih panas.

SAGU

images-21

Salah satu makanan pengganti Nasi orang Ternate tempo dulu yang sampai sekarang masih kita temukan banyak di jual di Pasar tradisional Kota Ternate, terbuat dari 100% pohon sagu, yang banyak kita temui di dataran pulau Halmahera, bentuknya agak keras akan tetapi cocok dan pas ketika anda sandingkan dengan makanan yang bernuansa kuah, seperti yang kita kenal di kota Ternate adalah kuah kuning atau kuah bening yang mana saja pokoknya sesuai dengan selera anda ketika menyantap makanan ini , dan khusus untuk minumanya paling pas dengan kopi atau teh manis. Sagu itu sendiri bisa tahan hingga sampai berbulan-bulan , oleh karena itu makanan ini sering di jadikan makanan pokok orang Ternate ketika tempo dulu mengantisipasi pangan pokok Beras ketika susah  di dapatkan pada masa penjajahan dahulu

GOHU IKAN

unduhan-5

Ini dia sashimi nya orang ternate, Namanya gohu ikan. hmm tak kalah hebatnya juga makanan yang satu ini , di samping menyehatkan juga dapat membuat nafsu makan kita bertambah , yah itulah Gohu Ikan yang di buat dari 75% daging ikan segar,bisa ikan tuna, ikan Madidihang ( bahasa ternate ), atau ikan cakalang. pada prinsipnya apapun ikannya bumbunya hrus tetap sama tidak boleh kurang atau tidak boleh lebih agar rasa dan kualitasnya tetap asli alias original, di buat dari daging ikan segar dan di racik dengan bumbu yang murah meriah ,misalnya Rica, bawang merah ,Jeruk makan, daun seledri, garam, dan lain-lain, ketika berkunjung anda tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini.

IKAN BAKAR PLUS COLO-COLO

unduhan-4

Uhuuuii…nyami-nyami…terasa tidak special dan tidak lengkap kuliner anda ketika anda tidak mencicipi makanan yang satu ini, yah itulah dia Ikan Bakar Plus Colo-Colo Khas Kota Ternate, yang bisa membuat lidah anda ingin terus mencobanya dan apabila di sandingkan dengan Sagu lengkap sudah acara kulinernya. Terbuat dari ikan segar yang di bakar dan di bumbuhi dengan rempah-rempah untuk melengkapi sajian ikan bakar tersebut.

SAYUR LILIN

sayur-lilin

Apa yang anda pikirkan dengan nama makanan ini, Jangan berpikir kalau makanan ini benar – benar berbahan dasar lilin. Sayur lilin adalah makanan khas maluku utara yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Tanaman ini sangat mudah di jumpai dan tumbuh dengan subur di daerah halmahera dan memang di budidayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar. Proses pembuatannya, pertama terubuk dipotong agak panjangdan diberi dengan bumbu santan sebagai kuah dasarnya. Sayur ini sangat cocok bila disandingkan dengan makanan papeda.

BAGEA

images-24

Kue yang satu ini merupakan barang yang khas ketika kita berkunjung ke ternate karena sering banyak di jual untuk untuk oleh-oleh dari kota ternate, Ada dua jenis Bagea yang di sediakan , pertama, Bagea Kenari yang di buat dari bahan dasar Kenari dan yang ke 2, Bagea Biasa yang di buat dari tepung terigu biasa, Rasanya sangat renyah dan sangat cocok di sandingkan dengan kopi panas dan teh hangat waktu sore hari.

No announcement available or all announcement expired.