WEKA

KLINIK EKSPOR

Bea Cukai Ternate tak henti-hentinya berupaya mendorong ekspor langsung dari Maluku Utara. Yang terbaru, Bea Cukai Ternate meluncurkan program Klinik Ekspor.

A. Apa itu Klinik Ekspor?

Klinik Ekspor merupakan program khusus dari Kantor Bea Cukai Ternate untuk membantu para pengusaha yang berkeinginan untuk melakukan ekspor langsung dari Maluku Utara. Klinik Ekspor menjadi media konsultasi antara Pengguna Jasa dan Pegawai Bea Cukai Ternate terkait kegiatan ekspor.

B. Apa Tujuan Klinik Ekspor?

Tujuan dari Klinik Ekspor yakni mendorong para pengusaha yang berpotensi melakukan ekspor langsung dari Maluku Utara. Pengguna jasa akan diberikan pembekalan terkait prosedur kegiatan ekspor melalui kegiatan sosialisasi, asistensi maupun Focus Group Discussion. Diharapkan melalui kegiatan Klinik Ekspor dapat meningkatkan minat dan jumlah eksportir dari Maluku Utara, khususnya dari sektor nontambang. Bea Cukai Ternate fokus kepada sumber daya alam yang dapat diperbaharui agar tercipta iklim usaha yang berkesinambungan. Mengingat Provinsi Maluku Utara yang amat kaya dari sektor perikanan dan pertanian, Bea Cukai Ternate melihat hal tersebut sebagai peluang bagi para calon investor untuk melakukan ekspor langsung dari Maluku Utara. Di beberapa tempat, pengusaha melibatkan warga setempat dalam hal penyediaan bahan baku maupun produk yang akan diekspor. Hal ini juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat yang bermukim di sekitar wilayah pengolahan produk ekspor itu sendiri.

C. Apa saja output kegiatan Klinik Ekspor?

Sampai saat ini, Klinik Ekspor telah melahirkan 4 (empat) eksportir baru yang telah melaksanakan ekspor perdana langsung dari Maluku Utara. Perusahaan tersebut ialah:

○Koperasi Perikanan Santo Alvin Pratama dengan Komoditi Ikan Tuna, diekspor ke Osaka, Jepang (25/07/2019)
○CV. Tugulufa Indah dengan komoditi Fully Pala, diekspor ke Nhava Sheva, India (13/09/2019)
○CV. Citra Jepara dengan komoditi olahan kayu, diekspor ke Bangalore, India (25/10/2019)
○PT. Perikanan Nusantara dengan komoditi Ikan Cakalang ke Jepang (08/11/2019)

No announcement available or all announcement expired.