WEKA
BEA CUKAI ADAKAN SHARING SESSION DENGAN CUSTOMS ADMINISTRATION OF THE NETHERLANDS
November 23, 2016
Bagi Sri Mulyani, Persoalan Ini Jadi Penyebab Rendahnya Setoran Pajak RI
November 24, 2016
Tampilkan semua

Indonesia Buka Pusat Pengambangan Desain sebagai Akses Menuju Dunia Desain Global

fde257b7-cc79-4100-ac47-b14bc80d76e8-1

Di era modern ini, teknologi beserta produknya mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal itu tentunya tidak terlepas dari peranan desain sebagai penerjemah ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Negara maju seperti Jepang dan disusul dengan Korea sudah mampu mengadaptasi berbagai hal baik dari dunia barat. Terutama dalam hal teknologi dan produk. Oleh karena itu, keduanya mampu menjadi negara yang sadar akan desain dengan mengembangkan pusat desain .

Jika dibandingkan dengan Jepang yang sudah lebih dari 45 tahun lalu menginisiasi pusat desain atau dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kawasan ASEAN yang sudah memiliki pusat desain, semuanya tidak terluput dari peran pemerintah. Tentunya pemerintah berperan untuk mengembangkan nilai dan daya saing produk terutama dalam memperbaiki taraf ekonomi negara, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia pada umumnya.

Saat ini, di bawah koordinasi Kementrian Perdagangan bersama dukungan Kementrian lainnya telah hadir Indonesia Design Development Center (IDDC). Pusat desain tersebut berada di Gedung BBPPEI, Jln. Letjen S Parman 112 Grogol, Jakarta Barat.

IDDC memiliki ragam fasilitas yang terbuka bagi kalangan desainer dan pelaku usaha. Hal itu dilakukan dengan merujuk pada studi Kementerian Perdagangan pada fasilitas serupa, yaitu Osaka Design Promotion Plaza di Jepang yang notabene fasilitas pemerintah kepada dunia bisnis dan desain berupa Co-Work Space, Help Desk, Design Library, Meeting Rooms, Standing IT, serta Digital Workshop.

Selain Fasilitas diatas tersebut IDDC juga bekerja sama dengan Stylus dan EuroMonitor Internasional yang notabone merupakan badan riset internasional dalam berbagai hal terutama trend desain dunia. Fasilitas ini bisa diakses secara gratis oleh pengunjung IDDC dan pengunjung bisa mencari data tentang perkembangan trend desain dunia sampai dengan 5 tahun kedepan. Fasilitas ini hanya bisa diakses dari lokasi IDDC.

IDDC dilahirkan sebagai wadah bagi pemerintah, masyarakat, pelaku usaha (pengusaha), serta kalangan intelektual yang ingin bersinergi, berproses, serta bekerja sama guna proses pengangkatan mutu dan menciptakan produk berkualitas. Terobosan besar ini, sudah seharusnya dimanfaatkan secara maksimal.

Di samping itu, IDDC juga memberikan akses kepada dunia desain karena pentingnya fungsi desain untuk peningkatan hasil produksi pengusaha Indonesia. Masyarakat Indonesia juga bisa bergabung dengan website IDDC dalam database designer Indonesia yang lengkap. Nantinya, website tersebut juga dapat diakses oleh masyarakat umum, lengkap dengan portofolionya.

IDDC juga menyediakan akses konsultasi desain sebagai fungsi Pusat Pelayanan Desain. Caranya, dengan meyediakan form untuk konsultasi desain secara online ataupun melalui saluran khusus whatsapp sebelum datang dan bertemu langsung dengan konsultan desain. Form tersebut disediakan sebagai fasilitas gratis dari IDDC. Tujuan dasar didirikannya IDDC untuk menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, serta berdaya saing dalam menghadapi persaingan global.

Ke depannya, IDDC juga mempersiapkan kompetisi Good Design Indonesia sebagai jembatan dan akses langsung untuk mengikuti Good Design Award di negeri Sakura, Jepang. Tentunya dari hal itu diharapkan mampu membuka peluang desain-desain Indonesia agar diakui secara global melalui seleksi desain yang bertaraf Internasional.

Jadi tunggu apalagi? Pastikan diri Anda untuk segera berpartisipasi dalam IDDC. Untuk informasi lebih lengkap silakan akses website IDDC di http://iddc.kemendag.go.id (Advertorial – detikFinance)

No announcement available or all announcement expired.