WEKA
Senam Maumere Massal, Pecahkan Rekor MURI Terbanyak Se-Indonesia
September 4, 2018
Kunjungan BNN ke Bea Cukai Ternate
September 11, 2018
Tampilkan semua

HAORNAS 2018 dan ASIAN PARA GAMES 2018

               Sebagai bagian dari rangkaian gebyar Haornas 2018, di Ternate Minggu,(9/9/2018), Menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Imam Nahrawi melepas pawai obor Asian Para Games 3rd 2018 yang dimulai dari Kedaton Kesultanan Ternate. Imam Nahrawi yang juga mengambil api dari lentera yang telah tiba sehari sebelumnya di Kota Ternate, kemudian menyulutkan ke obor untuk pertama kalinya. Api untuk obor ASIAN PARA GAMES 3rd 2018 yang dikirab di Ternate, diambil dari sumber api abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

               Obor Asian Para Games 2018 dikirab menuju ke Landmark Kota Ternate yang berada persis di depan Kantor Walikota Ternate, mendapat sambutan hangat dari seluruh kalangan yang tidak hanya ada di kota Ternate saja, namun juga dari masyarakat di seluruh provinsi Maluku Utara dan masyarakat kota maupun provinsi tetangga. Hal ini nampak dengan begitu banyaknya masyarakat yang hadir dan berada baik di depan panggung utama maupun di sepanjang jalan yang akan dilalui oleh kirab obor ASIAN PARA GAMES 2018.

               Tahun 2018 merupakan moment bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena tidak saja pesta olahraga terbesar di benua Asia lewat ASIAN GAMES 2018 yang berhasil digelar, namun juga Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan kompetisi olahraga khusus bagi penyandang disabilitas yang ketiga di benua Asia. ASIAN PARA GAMES merupakan kompetisi olahraga terbesar setelah Olympic Para Games, dan pemerintah juga berharap penyelenggaraan ASIAN PARA GAMES kali ini bisa memperoleh hasil yang luar biasa dan sukses tidak hanya dari sisi penyelengaraannya, tapi sukses juga dari sisi prestasi atlet yang ikut bertanding di dalam semua cabang olah raga yang dipertandingkan. Kegiatan yang akan diikuti oleh 42 negara partisipan, mempertandingkan 18 cabang olahraga, 5 (lima) cabang diantaranya diharapkan dapat menyumbangkan medali, yaitu para atletik, para bulutangkis, para tenis meja, renang, para power lifting. ASIAN PARA GAMES 2018 akan berlangsung di Jakarta mulai tanggal 6 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2018.

               Imam Nahrawi dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai obor mengatakan bahwa api obor ini merupakan simbol semangat perjuangan kita yang tidak akan pernah berhenti, yang akan terus membara menyatukan NKRI, memberikan semangat kepada seluruh warga bangsa, serta sebagai simbol persatuan sekaligus menggelorakan semangat peduli disabilitas. Pada kesempatan ini pula, Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dianugerahkan gelar Kapita Ngofa Ngare yang memiliki arti pemimpin pemuda yang berperan dalam kesultanan yang mampu menggerakkan pemuda untuk mencintai tanah air Indonesia. Pemberian gelar adat oleh Kesultanan Ternate ini, diawali dengan prosesi adat, dan dilanjutkan dengan pemakaian jubah simbol Kesultanan dan Cope (topi khas ternate) oleh Johukum Sangaji Kesultanan Ternat, Muhlis Abdullah.

               Bea Cukai Ternate ikut serta dalam kemeriahan Gebyar Haornas yang diselenggarakan dari tanggal 7-9 September 2018. Sebagai wujud nyatanya Bea Cukai Ternate menghadirkan sebuah stand bazar yang berisi informasi terkait Bea Cukai, seperti produk Barang Kena Cukai, Produk hasil ekspor, serta inovasi layanan yang diciptakan Bea Cukai Ternate dalam rangka memudahkan proses bisnis Kepabeanan dan Cukai. Beberapa waktu sebelumnya @beacukairi menyukseskan gelaran acara yang terbesar se-Asia yaitu Asian Games ke-18. Salah satu bentuk dukungannya adalah kemudahan akses dalam hal kepabeanan.

               Bea Cukai Ternate mendukung gerakan #AyoOlahragaBangunIndonesia dengan mensosialisasikan pentingnya olah raga yang merupakan bagian dari kelengkapan pelaksanaan tugas Bea Cukai untuk mewujudkan tugas dan fungsi DJBC.