WEKA
Penyembelihan Hewan Qurban di Kanwil DJPBN Malut
September 1, 2017
Ekspor Ikan Perdana Memicu Bangkitnya Perekonomian Maluku Utara
October 26, 2017
Tampilkan semua

Ekspor Perdana Ikan dan Malut Setelah Belasan Tahun Vakum

TERNATE –  Selasa, 24 Oktober 2017 bertempat di Pelabuhan Tobelo Halmahera Utara, Kantor Bea Cukai Ternate melakukan pelayanan ekspor ikan untuk pertama kalinya langsung dari Maluku Utara sejak Belasan tahun terakhir, sekaligus melepas langsung pemberangkatan kapal pengangkut kontener produk ikan ke Negara tujuan ekspor . Adapun ekspor perdana ini dengan negara tujuan Jepang dilakukan oleh Eksportir dengan nama CV. Markindo Raya yang berdomisili di Desa Pale Tobelo dengan komoditi ikan jenis Ikan Asap Kering (Dried Smoked Fish) sebanyak 11.046 Kg, dengan nilai devisa ekspor US$ 34,194 atau sekitar 460 Juta Rupiah, menggunakan Kapal KM. Mentari yang akan bertolak menuju Pelabuhan Shimizu – Jepang dari Pelabuhan Tobelo dibawah pengawasan Pos Bantu Bea Cukai Ternate. Ekspor ini dilakukan menggunakan aplikasi Pelayanan Ekspor berbasis online yang sudah dikembangkan oleh Bea Cukai Ternate dalam kurun waktu setahun terakhir.

Ekspor ikan selama ini yang berasal dari wilayah tangkap Maluku Utara dilakukan melalui Kantor Bea Cukai Bitung, Makasar, Bali, dan Surabaya sehingga notabene Devisa Ekspor dan Pendapatan Asli Daerah dari sektor perikanan akan masuk di provinsi diluar Maluku Utara. Maluku Utara sendiri adalah provinsi yang memiliki keanekaragaman kekayaan produk hayati perikanan yang menjadi salah satu provinsi sumber pengahasil ikan terbesar di Indonesia bahkan dunia, sehingga sangat disayangkan jika ekspor produk perikanannya tidak dapat dilakukan langsung dari Provinsi Maluku Utara.

Terselenggaranya Ekspor langsung dari Maluku Utara ini tidak lepas dari koordinasi yang harmonis dan intensif selama kurun waktu setahun belakangan dari berbagai instansi antara lain; Bea Cukai Ternate, Bank Indonesia Provinsi Malut, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Karantina – Provinsi Malut, dengan didukung oleh BUMN Maskapai Garuda, perbankan BUMN ; Mandiri, BNI, BRI, dimana dengan tanpa kenal lelah meyakinkan para pelaku UMKM sektor perikanan Maluku Utara untuk dapat mandiri ekspor langsung dari Maluku Utara. Kedepan akan banyak dan semakin digalakkan kegiataan ekspor ikan ini, salah satunya dalam beberapa hari kedepan akan ada pelaksanaan ekspor ikan segar yang dilakukan dari pelabuhan A. Yani Ternate.

Dengan berjalannya ekspor dibidang perikanan, maka diharapkan dapat mendorong perekonomian dan meningkatkan penerimaan daerah sehingga dapat menunjang pembangunan di Provinsi Maluku Utara.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Bea Cukai Ternate didampingi Kasi Kepatuhan Internal & Penyuluhan dan Kasi Penindakan dan Penyidikan bersama-sama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Malut, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate, Manager Garuda Indonesia Bandara Sultan Babullah Ternate, dan Kepala Kacab BNI Ternate, meninjau langsung lokasi Pabrik Pengolahan dan Gudang Penyimpanan Produk Ikan Asap milik Eksportir CV. Markindo Raya yang beralamat di Desa Pale Tobelo Selatan, Kab Halut, Maluku Utara.

No announcement available or all announcement expired.