WEKA
Kado Awal Tahun Jokowi untuk Perusahaan Kecil Berorientasi Ekspor
January 10, 2017
Naikkan Cukai, Pemerintah Ingin Konsumsi Rokok Berkurang
January 10, 2017
Tampilkan semua

Ditjen Pajak dan Bea Cukai siap bersinergi


JAKARTA,22/02-TARGET PENERIMAAN PAJAK 2016. Iklan sosialisasi pembayaran pajak terpasang di jembatan penyeberangan orang di Jakarta, Senin (22/02). Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai target penerimaan perpajakan dalam RAPBN 2016 sebesar Rp1.565,8 triliun masih wajar dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian terkini dan prospek tahun depan. "Pemerintah menilai target tersebut cukup wajar dengan mempertimbangkan perlambatan perekonomian tahun 2015 dan prospek tahun 2016 serta langkah ekstensifikasi dan intensifikasi yang dilakukan pemerintah. KONTAN/Fransiskus Simbolon/22/02/2016

JAKARTA,22/02-TARGET PENERIMAAN PAJAK 2016. Iklan sosialisasi pembayaran pajak terpasang di jembatan penyeberangan orang di Jakarta, Senin (22/02). Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai target penerimaan perpajakan dalam RAPBN 2016 sebesar Rp1.565,8 triliun masih wajar dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian terkini dan prospek tahun depan. “Pemerintah menilai target tersebut cukup wajar dengan mempertimbangkan perlambatan perekonomian tahun 2015 dan prospek tahun 2016 serta langkah ekstensifikasi dan intensifikasi yang dilakukan pemerintah. KONTAN/Fransiskus Simbolon/22/02/2016

JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea Cukai akan bersinergi untuk meningkatkan penerimaan perpajakan pada tahun 2017. Sinergi ditargetkan akan berlangsung pada awal tahun lantaran Peraturan Menteri Keuangan yang mendasari kebijakan ini sudah rampung.

“Mudah-mudahan segera diluncurkan. (Targetnya) awal tahun ini,” kata Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) Yon Arsal kepada KONTAN, Minggu (8/1).

Yon mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu petunjuk teknis (juknis) dari sinergi ini. Detailnya, menurut Yon, akan terdapat satu data NPWP dan nomor bea cukai yang dimiliki oleh Ditjen Pajak maupun Ditjen Bea Cukai.

“Nomor yang dipakai sama. Sehingga proses pengawasan dan data matching lebih mudah,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara mengatakan, akan membuat link lebih baik antara Ditjen Pajak dengan Bea Cukai sehingga akan ada satu data.

“Sehingga kalau orang masuk dia otomatis bayar cukai dan PPN, enggak akan ada lagi miss,” ujarnya.

Kebijakan ini pun diharapkan mampu untuk mencegah adanya wajib pajak yang lolos untuk membayar pajak. Baik Wajib Pajak Orang Pribadi maupun wajib pajak badan. Dengan begitu, maka diharapkan penerimaan negara juga dapat meningkat.

“Jadi ini yang diupayakan. Maka penerimaan nantinya bisa meningkat,” ujarnya.
http://nasional.kontan.co.id/news/ditjen-pajak-dan-bea-cukai-siap-bersinergi

No announcement available or all announcement expired.