WEKA
Petugas Bea dan Cukai
PENERIMAAN BEA & CUKAI RP 61,13 TRILIUN
July 23, 2016
MELALUI KEBIJAKAN CUKAI 2017, PEMERINTAH TINGKATKAN KEPEDULIAN AKAN KESEHATAN, KESEMPATAN KERJA, DAN PEMBANGUNAN NASIONAL
October 4, 2016
Tampilkan semua

5 SPOT DI TERNATE INI WAJIB KAMU COBA

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Lima hari dalam sepekan kita berkutat dengan pekerjaan. Bekerja, bekerja, dan bekerja. Kadang disertai lembur yang pada akhirnya membuatkita tidak mengenal kata weekend.

Bosan? Jenuh? Stress?

Tentu saja. Kita butuh berlibur.

Tetapi ketika datang waktu libur, tempat-tempat wisata yang kita kunjungi ternyata sudah terlalu padat pengunjung sehingga niat awal untuk menyegarkan pikiran menjadi sia-sia. Iya ga sih? Sebut saja Jogja, Bali, dan Lombok; tiga kota di Indonesia yang paling sering menjadi tujuan wisata.

Kamu butuh lokasi liburan baru tapi ga tau mau kemana? Yang eksklusif, tapi tetap asik buat seru-seruan? Kenapa bingung? Indonesia itu luas lho. Cobalah main ke timur, salah satunya Ternate.

…ssst… FYI, pantai di timur itu indah-indah lho…

“Ternate?”

Iya, Ternate. Salah satu kota di Maluku utara yang memiliki jutaan spot indah untuk dikunjungi. Terlebih jika kamu seorang traveler atau pecinta fotografi.

Mau tahu di mana saja letak tempat-tempat nan indah itu? Mari disimak…

1. Pantai Jikumalamo

Pantai Jikumalamo terletak di ujung utara Pulau Ternate. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menyewa kapal dari Hol Sulamadaha atau bisa melewati jembatan baru yang sudah dibangun membelah hutan hingga ke Jikumalamo.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

2. Pantai dan Hol Sulamadaha

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

Sulamadaha adalah sebuah pantai berpasir hitam, yang berasal dari material vulkanik Gunung Gamalama. Ini menarik, sebab memang kenyataannnya, Ternate bukanlah kaki Gunung Gamalama, melainkan punggung gunung dasar laut yang muncul ke permukaan. Sebagian wilayahnya menjadi puncak gunung dan sebagian lain menjadi pantai yang indah. Wajar jika beberapa dari pantai itu memiliki daya tarik berupa pasirnya yang berwarna hitam. Di seberang Pantai Sulamadaha ada gunung yang menjulang tinggi dengan gagahnya hingga menembus awan, yaitu Gunung Hiri, dan sebuah pantai tak berpenghuni yang tak kalah menarik untuk dikunjungi: Pantai Jikumalamo.

 

Sulamadaha menjadi lokasi favorit masyarakat Ternate untuk melepas penat di akhir pekan. Di sini kamu bisa menikmati desir angin dan deburan ombak dari laut pasifik. Jika tak puas dengan sekadar memandang, datanglah pada pagi hari untuk berenang ketika ombak belum menggulung kencang, menaiki sampan, banana boat, menikmati pemandangan air sebening kaca, snorkeling, bahkan scuba diving sekalipun. Dan jika beruntung, kamu bisa bertemu penyu yang sedang asyik berenang menikmati kesegaran Laut Sulamadaha.

eda-1a

3. Geowisata, Batu Angus

Di Ternate, ada salah satu tempat yang wajib disinggahi para pengunjung untuk merasakan sisa kedahsyatan letusan Gunung Gamalama. Batu Angus namanya, tempat yang dipercaya sebagai hasil letusan Gunung Gamalama tahun 1673. Gunung Gamalama termasuk gunung tipe stratovulkano, gunung api kerucut, yang merupakan salah satu dari tiga gunung berapi aktif di Indonesia, selain Gunung Sinabung di Kabupaten Karo dan Gunung Raung di Jawa Timur. Dalam histori menurut data Badan Geologi, Gamalama pertama kali erupsi tahun 1538 dan terakhir kali erupsi pada bulan Juli 2015. Dinamakan Batu Angus karena bongkahan-bongkahan batu yang terhampar di kaki Gunung Gamalama ini berwarna hitam dan seperti baru saja terbakar, alias hangus.

4. Danau Tolire, Danau Mistis di Pulau Ternate

Terletak 10 km dari pusat kota Ternate, Danau Tolire menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Ternate. Keberadaannya tak pernah lepas dari mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Konon katanya, ada seorang ayah yang menghamili anak gadisnya, lalu sebagai akibat tindakan tercela itu, tanah di desa tersebut ambles dan membentuk danau seperti yang dikenal sekarang.

Terdapat tradisi unik yang dilakukan setiap orang yang mengunjungi Danau Tolire, yakni melempar batu ke danau. Tradisi ini menjadi unik karena setiap orang yang melempar batu ke arah danau, sekuat apapun itu, batu tersebut tak akan sampai ke danau, sampai ke permukaannya pun tidak. Masyarakat juga percaya, di Danau Tolire terdapat buaya putih sebagai penunggu, yang akan menampakkan diri di saat-saat tertentu. Tak heran jika tak seorang pun berani mandi, berenang, atau sekedar memancing di tempat ini.

5. Menikmati Sunrise di Pantai Falajawa

Pantai Falajawa berlokasi di pusat kota Ternate, tepat di depan ex kantor Gubernur Prov. Maluku Utara. Lokasi ini biasa digunakan untuk spot pengambilan foto matahari terbit, dan sudut paling bagus diambil dari pelabuhan kapal di pantai ini. Pada pagi hari, biasanya pantai akan ramai oleh pengunjung yang berolah raga jogging hingga berenang, serta para penjual kacang hijau yang berjejer rapi siap menemani pagimu di sini, menghangatkan sanubari sembari menunggu sang mentari.

 

Sumber: visitternate.com

No announcement available or all announcement expired.