WEKA
Pertemuan Rutin Forum BUMN di Wilayah Maluku Utara
November 12, 2018
Tampilkan semua

Bea dan Cukai Ternate Menghadiri Focus Group Discussion “Identifikasi Faktor Daya Saing Ekspor Komoditas Perikanan”

              Kamis 08 November 2018, Bea dan Cukai Ternate menghadiri Focus Group Discussion “Identifikasi Faktor Daya Saing Ekspor Komoditas Perikanan” yang merupakan bentuk kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun dan Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara.

              Bertempat di Aula Pelabuhan Dufa-dufa , Kepala Kantor Bea dan Cukai Ternate, Musafak didampingi oleh Kepala Seksi Penindakan dan penyidikan, Jims Oktovianus dan Kepala Seksi KIP, Budi Setyono, dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Maluku Utara merupakan daerah yang memiliki potensi perikanan yang hebat dan berkualitas, saat ini Bea dan Cukai bersinergi dengan instansi pemerintah lain seperti Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan serta Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara untuk terus mendorong agar potensi perikanan yang ada diekspor, sebagai bagian dari fungsi Bea dan Cukai yaitu menjadi Fasilitator perdagangan guna pembangunan ekonomi khususnya sektor perikanan.

              Focus Group Discussion (FGD) ini dibuat dalam rangka menentukan dukungan pemerintah yang dibutuhkan oleh masing-masing pelaku bisnis produk perikanan. Seperti percepatan pelayanan dokumen, penambahan Sumber Daya Manusia yang kompeten, mengurai aturan yang selama ini terkesan tumpang tindih, mengendalikan produk impor yang merusak harga produk lokal di pasaran, dan memberikan dukungan penuh terhadap IKM. Dukungan-dukungan tersebut dibutuhkan agar sektor perikanan dapat bersaing tidak hanya di level domestik tetapi juga di level internasional.

No announcement available or all announcement expired.