WEKA
Peresmian dan Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) Provinsi Maluku Utara Periode 2017 – 2022
August 10, 2017
Pemeriksaan Kesehatan Rutin Pegawai Beacukai Ternate
August 14, 2017
Tampilkan semua

Bea Cukai Ternate Menghadiri Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara

Sebagai wujud nyata dukungan terhadap pengembangan perekonomian Provinsi Maluku Utara, khususnya ekspor di bidang perikanan, Bea Cukai Ternate sangat antusias mengikuti Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara pada Rabu, 10 Agustus 2017. Kegiatan bertema “Mendorong Pelaksanaan Ekspor Mandiri Komoditas Perikanan dari Salah Satu Lumbung Perikanan Indonesia” tersebut menghadirkan 4 (empat) narasumber, yaitu dari Kementerian Perdagangan Jakarta, Stasiun Karantina Ikan Kelas I Ternate, dan dua narasumber dari Bank Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bea Cukai Ternate, Bapak Nyoman Adhi Suryadnyana, menyampaikan bahwa kunci sukses ekspor perikanan Maluku Utara bukan sekedar terjaganya kualitas (mutu) ikan yang diekspor yang dinyatakan dengan sertifikasi mutu, tapi juga oleh kepastian jumlah yang diekspor dan kepastian kontinuitas pengeksporan. Penting untuk menjaga kontinuitas tersebut karena pembeli di luar negeri memerlukan kepastian apakah bisnisnya dapat berlanjut terus. Untuk mencapai hasil yang maksimal, harus dilakukan sinergi antara semua pihak karena hal itu adalah tanggung jawab dan tugas bersama.

Salah satu layanan kemudahan ekspor yang diberikan oleh Bea Cukai Ternate adalah layanan multimoda. Misalnya seorang eksportir mendapat pesanan 100 Ton ikan. Dari Ternate hanya sanggup menyuplai 80 Ton sedangkan 20 Ton sisanya ada di Makassar. Maka boleh saja memuat 80 Ton dari Ternate lalu transit di Makassar dan menambahkan muatan 20 Ton tanpa menurunkan muatan dari Ternate, lalu diekspor ke negara tujuan.

Mimpi mengembalikan kejayaan Maluku Utara adalah impian bersama. Geliat ekspor di Maluku Utara diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara dan menghasilkan pendapatan daerah melalui Dana Bagi Hasil.

#BeaCukaiMakinBaik
#beacukai
#KemenkeuTepercaya
#Ternate
#beacukaiternate

No announcement available or all announcement expired.