WEKA
Kunjungan Ke Polres dan Polairud Ternate
January 20, 2021
Konferensi Pers ‘TORANG PE APBN’
January 29, 2021
Tampilkan semua

Apel Khusus hari Kepabeanan Internasional

Ternate, (27/01/2021) – Memperingati Hari Kepabeanan Internasional ke-69, dengan tema “Customs bolstering Recovery, Renewal, and Resilience for sustainable supply chain”, Seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Ternate mengikuti pelaksanaan Apel Khusus yang bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Ternate. Apel dilaksanakan serentak bersama seluruh Kantor Bea Cukai di Indonesia dan dipimpin langsung dari Kantor Pusat Bea Cukai secara virtual.

Direktur Jendral Bea Cukai, Heru Pambudi, bertindak sebagai Pembina apel. Pada amanatnya, Heru Pambudi, menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selama tahun 2020 Bea Cukai telah berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan yang terdampak pandemi Covid-19. Bea cukai berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dalam bentuk capaian realisasi penerimaan 103,48% sepanjang tahun 2020 melampaui target yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu Bea Cukai juga berperan aktif dalam perbaikan impor serta asistensi industry nasional. Sistem NLE (National Logistic Ecosystem) yang dicanangkan pada tahun 2020 juga telah berhasil mengurangi biaya logistik yang dibutuhkan.

Kontribusi terhadap pemulihan kesehatan dilakukan dalam bentuk pemberian fasilitas fiskal berupa pembebasan Bea Masuk ataupun Bea Masuk ditanggung pemerintah, untuk impor alat kesehatan serta pembebasan Cukai untuk Etil Alkohol (EA), yang merupakan bahan baku pembuatan hand sanitizer. 3 (tiga) rencana untuk dijalankan di tahun 2021. Pertama, membuat mekanisme yang terintegrasi, kedua, dalam melaksanakan kegiatan, diharapkan untuk mengikuti standar (SOP) yang berlaku, ketiga, memanfaatkan data yang dimiliki untuk membantu pencapaian target.Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mewakili Indonesia pada tahun 2021 menjadi Vice-chair WCO (World Customs Organization), sebagai perwakilan Indonesia, Bea Cukai harus mengakomodasi serta memfasilitasi kepentingan Indonesia terkait kepabeanan.Heru Pambudi berharap semoga kedepannya, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dapat bekerja dengan cerdas sehingga dapat memberikan dampak positif untuk organisasi di masa mendatang

No announcement available or all announcement expired.